Kamis, 26 November 2009

JOOMLA

Joomla merupakan suatu software yang digunakan untuk membangun suatu website secara dinamik. Joomla merupakan suatu aplikasi Content Management System (CMS) yang bersifat Open Source. Sejarah Joomla tidak lepas dari Mambo. Mambo merupan software CMS yang dikembangkan oleh Miro sejak tahun 2001. Joomla lahir akibat adanya konflik internal yang terjadi antara pihak pendiri Mambo dengan pihak pengembang (developer). Muncul kekhawatiran dari pihak pengembang bahwa Mambo akan dikomersilkan. Komflik itu menyebabkan sebagian dari pengembang hengkang dari mambo.



Pada bulan Agustus 2005, para pengembang mulai bergabung sendiri membentuk kepengurusan yang baru. Dari sinilah muncul proyek bernama Joomla yang diambil dari bahasa Arab “Jumla”, yang artinya bersama-sama atau keseluruhan. Nama Joomla resmi diluncurkan pada tabggal 1 September 2005. Rilis Joomla (Joomla 1.0.0) pertama kali dilakukan pada tanggal 16 September 2005. Sebenarnya Joomla 1.0.0 hanyalah Mambo 4.5.2.3, namaun dengan perbaikan pada bug dan celah keamanan. Joomla terus berkembang, hingga pada tanggal 22 Januari 2008, Joomla 1.5 resmi dirilis.


Sifatnya yang open source memungkinkan para aktivis Joomla ikut serta dalam pengembangan Joomla, tak terkecuali dari komunitas Joomla Indonesia sendiri. Mereka dapat membuat berbagai komponen dan modul yang dapat diinstal ke Joomla. Dalam perkembangannya saat ini Joomla sudah banyak dipergunakan diberbagai situs di Indonesia.

Secara garis besar Joomla terdiri dari PHP sebagai skrip, MySQL sebagai basis data yang saling terhubung melalui web server. Joomla tidak dapat digunakan tanpa adanya ketiga perangkat lunak tersebut. Oleh karena itu untuk menggukana Joomla, pertama kali adalah menginstal servel local terlebih dahulu. Selama ini sudah banyak paket perangkat lunak yang menggabungkan ketiga software tersebut, diantaranya PHP Triad, Easy PHP, App-serv, dan Xampp. Semuanya mempunyai tipikal dan cara pengoperasian yang sama. Setelah itu baru kita instal Joomla dikomputer kita.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hostgator coupon