Rabu, 09 November 2011

Peranan Perusahaan Dalam Mendukung Perekonomian Nasional


Perusahaan kecil yang barang produksinya untuk konsumsi luar negeri atau ekspor, semakin banyak perusahaan kecil yang mengekspor barang produksinya makan pemerintah akan banyak mendapat devisa yang masuk dari pembayaran produk yang mereka ekspor, devisa yang mereka dapat tentunya akan ditukar dengan rupiah untuk pembelanjaan perusahaan, dengan ditukarnya mata uang asing dengan rupiah tentunya kebutuhan akan rupiah meninggkat, kebutuhan rupiah meninggkat akan menaikan nilai rupiah itu sendiri dipasaran itulah efek berantai yang diperoleh dari masuknya devisa melalui ekspor, selain hal tersebut cadangan devisa negara pun akan meningkat.

Dari uraian tersebut pemerintah sangat concern dalam membina dan mengembangkan perisahaan kecil dengan memberikan kredit lunak untuk meningkatkan permodalan bahkan dapat merangsang tunbuhnya perusahaan kecil lainnya, selain dari segi financial pemerintah juga membantu pelaku usaha kecil dalam hal bimbingan cara menggelolah/manajemen perusahaan yang baik kerena boleh dikata pelaku usaha kecil berangkat dari bakat dan kemauan untuk maju yang tidak memiliki dasar pengetahuan manajemen perusahaan, sangat penting bagi pemerintah untuk dapat memberikan pengetahuan tersebut agar perusahaan kecil dapat lebih tertata rapih dan berkembang maju serta meningkatkan perekonomian nasional pada umumnya. Salah satunya adalah lewat pinjaman kredit usaha kecil menengah.

 

Bank Mandiri didirikan pada 2 Oktober 1998, sebagai bagian dari program restrukturisasi perbankan yang dilaksanakan oleh pemerintah Indonesia. Pada bulan Juli 1999, empat bank pemerintah -- yaitu Bank Bumi Daya, Bank Dagang Negara, Bank Ekspor Impor Indonesia dan Bank Pembangunan Indonesia -- dilebur menjadi Bank Mandiri. Masing-masing dari keempat legacy banks memainkan peran yang tak terpisahkan dalam pembangunan perekonomian Indonesia. Sampai dengan hari ini, Bank Mandiri meneruskan tradisi selama lebih dari 140 tahun memberikan kontribusi dalam dunia perbankan dan perekonomian Indonesia.
Segera setelah merger, Bank Mandiri melaksanakan proses konsolidasi secara menyeluruh. Pada saat itu, kami menutup 194 kantor cabang yang saling berdekatan dan rasionalisasi jumlah karyawan dari jumlah gabungan 26.600 menjadi 17.620. Brand Bank Mandiri diimplementasikan ke semua jaringan dan seluruh kegiatan periklanan dan promosi lainnya. Selain itu, Bank Mandiri berhasil mengimplementasikan core banking system baru yang terintegrasi menggantikan core banking system legacy yang terpisah.
Semenjak didirikan, kinerja Bank Mandiri terus meningkat terlihat dari laba yang terus meningkat dari Rp 1,18 Triliun di tahun 2000 hingga mencapai Rp 5,3 Triliun di tahun 2004. Selain itu, Bank Mandiri juga mencatat prestasi penting dengan melakukan penawaran saham perdana pada 14 Juli 2003 sebesar 20% atau ekuivalen dengan 4 Milliar lembar saham.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hostgator coupon