Jumat, 26 Februari 2010

Sejarah Web Science

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba ngupas tentang perkembangan web science.

Sejarah singkat Web Science


Kelahiran Web Science didorong oleh pergerakan generasi Web dari Web 1.0 ke Web 3.0.Sejak diperkenalkan Web pada tahun 1990 oleh Tim Berners-Lee. Perbedaan utama dari setiap generasi adalah sebagai berikut :

Pada Web 1.0 masih bersifat read-only. Jadi isi dari web tersebut hanya dapat dibaca oleh penggunanya. Tanpa ada interaksi sedikitpun antara penguna dan web tersebut.

Pada Web 2.0 bergerak ke arah read-write. Pada Web 2.0 kegiatan sosial sudah dimulai, dengan semakin popularnya berbagai fasilitas seperti wikipedia, blog, friendster dan sebagainya. Sehingga sudah terjadi interaksi antara web dengan penggunanya. Tetapi kendala utama pada Web 2.0 adalah penangan untuk pertukaran data atau interoperabilitas masih sulit.


Sedangkan pada Web 3.0 mengembangkan hubungan manusia ke manusia, manusia ke mesin, dan mesin ke mesin. Web 3.0 mencoba menyempurnakan Web 2.0 dengan memberikan penekanan penelitian pada Semantic Web, Ontology, Web Service, Social Software, Folksonomies dan Peer-to-Peer. Penelitian ini sangat memperhatikan ‘budaya’ sebuah komunitas terhadap kebutuhan akan sebuah data atau informasi.

Web Science

Menurut arti katanya Web Science yang berasal dari kata Web/Website berarti Situs Jaringan atau pun sering disebut juga suatu ruang informasi yang yang dipakai oleh pengguna global/seluruh dunia dan kata Science adalah Ilmu Pengetahuan. Dari pengertian tersebut, kita dapat menarik sebuah kesimpulan bahwa Web Science dapat diartikan sebagai suatu ilmu pengetahuan seputar halaman web dan internet / ilmu pengetahuan dalam membuat dan memanipulasi halaman web.

Pengertian diatas adalah pengertian web science berdasarkan arti katanya. Selanjutnya kita akan mencoba mencari tahu arti dari web science itu sendiri.
Web Science sendiri merupakan kajian sains dari ilmu tentang Web yang lahir dari system Informasi. Pada Web Science kita / pembaca akan diajak untuk lebih mendalami / memahami akan Web dan juga fokus pada pengembangan terhadap kebutuhan komunikasi dan representasi.

Jika kita memastikan manfaat web tersebut, kita harus melakukan yang terbaik untuk dapat mengerti dan memahaminya. Web science pastinya menyajikan hal-hal yang bersifat edukatif. Karena dari semua isinya merupakan dasar pengembanagan web science tersebut, dan kita dapat memanfaatkannya untuk ilmu pengetahuan yang sedang kita pelajari kita.
Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba ngupas tentang perkembangan web science.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hostgator coupon